Di tengah era digitalisasi, menanamkan rasa cinta terhadap budaya asli Indonesia menjadi sebuah tantangan sekaligus kewajiban. SD Negeri 1 Karangtengah menjawab tantangan ini melalui sebuah program kokurikuler yang inovatif, yakni “Tari Nusantara”. Program ini dirancang tidak hanya untuk mengasah bakat seni siswa, tetapi juga untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap keberagaman budaya bangsa.
Penguatan delapan dimensi profil lulusan.
Berbeda dari ekstrakurikuler yang fokus pada minat dan bakat, program kokurikuler Tari Nusantara di SD Negeri 1 Karangtengah dirancang secara khusus untuk mendukung dan memperdalam materi intrakurikuler. Kegiatan ini terintegrasi erat dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) serta menjadi implementasi nyata dari Tujuan Kokurikuler
Melalui tarian, siswa secara langsung mengamalkan tiga dimensi penting Kokurikuler:
1. Kewargaan; Siswa bangga akan identitas dan budayanya, menghargai keberagaman, menjaga persatuan bangsa, menaati aturan bernegara dan bermasyarakat, serta menjaga keberlanjutan kehidupan, lingkungan, dan harmoni antar bangsa.
2. Kreativitas; Siswa yang mampu berperilaku produktif, menciptakan inovasi, dan merumuskan solusi bagi permasalahan di sekitarnya bagian proses pembelajaran yang menyenangkan menggembirakan (joyful).
3. Kolaborasi; Siswa yang mampu yang membiasakan diri untuk peduli dan berbagi, serta membangun kerja sama dengan berbagai kalangan di lingkungan sekitar.
Kegiatan kokurikuler ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu, dibimbing oleh guru kelas 3, 4 dan 5. (Bp. Ganang Rabani, Bp Imam Muchyidin dan Bp Sugiono) Pendekatan pembelajarannya dibuat menyenangkan dan jauh dari kesan kaku.
Siswa tidak hanya menghafal gerakan, tetapi juga diajak untuk:
- Menonton video** pertunjukan tari dari berbagai provinsi.
- Menganalisis** makna dan filosofi di balik kostum dan properti tari.
- Mempraktikkan** gerakan dasar dari berbagai tarian, seperti Tari Wonderland; Tari Gugur Gunung; Tari Dawet Ayu, dll.
Sebagai puncak dari proyek kokurikuler ini, para siswa akan menampilkan tarian yang telah mereka pelajari dalam sebuah pagelaran seni sekolah di panggung teater obyek wisata Telaga Merdada.




Dampak Positif bagi Siswa
Kepala Sekolah SD Negeri 1 Karangtengah, (Safaat) menyatakan bahwa program ini memberikan dampak yang sangat positif. “Kami melihat perubahan nyata pada siswa. Mereka menjadi lebih percaya diri, mampu bekerja sama dalam tim (gotong royong), dan yang terpenting, mereka bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang kaya budaya,” ujarnya.
Program kokurikuler Tari Nusantara di SD Negeri 1 Karangtengah membuktikan bahwa sekolah dasar adalah lahan subur untuk menyemai benih-benih cinta budaya. Melalui gerak dan irama, generasi muda ini tidak hanya belajar menari, tetapi juga belajar menjadi Indonesia.
Selengkapnya di https://www.youtube.com/watch?v=nziSw1Mear4
